Wisata Terbaru

Bukit Jaddih, Tempat Sembunyi Pejuang yang Jadi Primadona Wisatawan


Pulau Madura memiliki banyak tempat wisata. Salah satu objek wisata di Madura yang sedang naik daun dan ramai dikunjungi saat ini adalah Bukit Jaddih.

Bukit Jaddih merupakan bebatuan kapur yang terbentuk dari aktivitas penambangan batu kapur. Bentuk bukitnya yang unik dan terkesan eksotis memberi kesan seolah Bukit Jaddih merupakan tempat wisata di Timur Tengah, bukan di Bangkalan, Madura.

Walau sudah mulai terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan, tapi hingga kini belum ada campur tangan pemerintah setempat untuk mengembangkan Bukit Jaddih. Pemilik tambang di lokasi tersebutlah yang berinisiatif sendiri mengelola bekas tambang mereka agar layak menjadi tempat wisata.

"Sementara ini koordinasi ke kita jelas kurang. Tapi kalau keamanan, memang memperhatikan. Karena kan tergantung polsek masing-masing. Tapi untuk mengembangkan, masih belum ada geliat koordinasi. Padahal kan harusnya dikembangkan. Kan yang punya nama Bangkalan juga," tutur Jevvanan, pemilik tambang PT Sumber Gamping Energi yang melakukan penambangan di Bukit Jaddih, Rabu 22 November 2017.
Menurut Jevvanan, Bukit Jaddih awalnya adalah bukit yang dijadikan tempat persembunyian oleh para pejuang di zaman penjajahan Jepang. Oleh karena itu, dapat ditemui lubang-lubang gua yang dulu dipakai sebagai kamar persembunyian para penjajah.

"Memang ini buat sembunyinya pejuang dari penjajahan Jepang ketika terdesak. Makanya ada goa-goa itu. Sampai sekarang masih ada. Ada juga kamar yang dilukis, diukir, sebagai persembunyian sejak zaman Jepang," terang Jevvanan.

Bukit Jaddih terletak di Desa Parseh, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura. Ketika sudah berada di kawasan Bukit Jaddih, pengunjung dapat juga mengunjungi tempat wisata di sekitar sana seperti Danau Biru atau kolam renang yang terbentuk dari aktivitas tambang dan airnya berasal dari air tanah di dalamnya. (okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Melancong Yuk Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.