Wisata Terbaru

India akan Batasi Kunjungan Turis Lokal ke Taj Mahal


Pemerintah India akan menbatasi kunjungan wisatawan lokal ke Taj Mahal. Menurut para ahli, terlalu banyak pengunjung akan mempercepat keausan pada marmer putih Taj Mahal.

Taj Mahal merupakan sebuah monumen atau istana megah yang berada di Agra, India. Istana tersebut dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai sebuah musoleum untuk istri tercinta, Arjumand Banu Begum. Wanita yang biasa dikenal dengan nama Mumtaz Mahal itu meninggal pada 1631 saat melahirkan putrinya, Gauhara Begum.

Kini Taj Mahal menjadi salah satu ikon India dan destinasi wisata. Wisatawan lokal bisa menikmati indahnya istana marmer putih hanya dengan membayar 40 Rupee atau sekitar Rp 8 ribu. Sedangkan wisatawan mancanegara harus merogok kocek hingga seribu Rupee atau sekitar Rp 211 ribu.

Rabu (3/1), Dailymail Inggris memberitakan akan ada pembatasan kunjungan wisatawan lokal ke Taj Mahal. Nanti setiap harinya, kunjungan wisatawan lokal tidak boleh lebih dari 40 ribu.

Kebijakan baru tersebut akan diberlakukan pemerintah sebagai upaya untuk melestarikan bangunan peninggalan abad ke-17 itu. Menurut para ahli, terlalu banyak pengunjung akan mempercepat pengikisan atau keausan pada marmer putih istana.

"Kita harus memastikan keamanan monumen dan pengunjung juga," kata seorang pejabat Survei Arkeologi India kepada AFP.

Aturan baru tersebut hanya berlaku untuk wisatawan lokal. Jadi bagi Sahabat Sporto yang belum mengunjungi Taj Mahal, masih leluasa untuk menginjakkan kaki dan menikmati kemegahan bangunan tersebut.

Melancong Yuk Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.