Koh Ped, Pulau di Thailand yang Dikuasai Ratusan Monyet Makaka


Melancongyuk - Bagi kamu yang pernah plesir ke Thailand pasti tidak mau melewatkan Pattaya sebagai destinasi utama. Sesampai di Pattaya, sempatkan untuk menyeberang dari Bang Saray ke pulau kecil di sebelah baratnya. Di sana lah terdapat Koh Ped, pulau yang dihuni ratusan monyet makaka.

Monyet makaka (Macaca fascicularis) adalah penghuni asli di pulau itu. Koh Ped berarti pulau bebek, namun anehnya tidak ada bebek di sana, melainkan kawanan monyet makaka ekor panjang yang disebut Ling Samae oleh warga sekitar. Oleh karenanya, penduduk setempat lebih sering menyebutnya Koh Ped sebagai Koh Ling yang berarti pulau monyet.

Makaka ekor panjang memang tersebar luas di negara-negara Asia Tenggara. Sangat mudah beradaptasi, populasi monyet makaka mudah berkembang baik. Monyet ini juga pandai berenang, bahkan suka berburu kepiting untuk dimakan. Di Koh Ped, mamalia ini kerap berenang di bibir pantai dan menyambut turis, bahkan saat kapal mereka baru tiba.

A post shared by Tereza Proch√°zkov√° (@terezawalk) on

Koh Ped sendiri tidak begitu subur. Vegetasi tropis yang tumbuh di sana tidak begitu lebat, sehingga persediaan makanan bagi monyet di pulau seluas 24 hektare itu terbatas. Akibatnya, mereka sangat bergantung pada makanan yang diberikan turis.
Sayangnya, kunjungan turis tak selalu tinggi. Pada bulan-bulan tertentu, seperti Mei hingga September adalah low season bagi arus wisatawan. Di saat itulah kawanan monyet di Koh Ped kekurangan suplai makanan.
Untungnya, angkatan laut Kerajaan Thai atau Royal Thai Navy secara berkala membawa makanan untuk mereka. Mulai dari buah-buahan hingga kacang-kacangan, sangat disukai Ling Samae.

Jika kamu berencana berkunjung ke Koh Ped, jangan lupa membawa ‘bingkisan’ untuk perut kawanan monyet di sana. Boleh pisang atau kacang, namun buah favorit mereka adalah semangka. Jangan takut memberi makan langsung dari tanganmu, karena monyet-monyet itu sangat bersahabat dengan manusia.

Related Posts

Koh Ped, Pulau di Thailand yang Dikuasai Ratusan Monyet Makaka
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.