Tampilkan postingan dengan label Tips. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Tips. Tampilkan semua postingan

Tips Liburan Seru Tanpa Perlu Menguras Kantong


Melancongyuk - Siapa yang tidak suka pergi liburan dan jalan-jalan ke luar kota atau negeri? Semua orang pasti menginginkannya. Namun, kendala budget sering sekali menjadi sebuah penghalang berat yang dikeluhkan oleh banyak orang. Namun, tidak perlu merasa khawatir. Dengan tips dan trik berikut ini, kamu tetap bisa merencanakan liburan seru tanpa harus menguras kantong hingga kering kerontang.

1. Cari Bermacam-Macam Promo

Beberapa layanan perusahaan penyedia tiket transportasi atau tempat menginap biasanya selalu memiliki bermacam-macam promo jika kamu memesannya lewat aplikasi-aplikasi tertentu. Tentu saja promo tersebut biasanya bersyarat. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab syarat-syarat yang diberlakukan biasanya cenderung mudah untuk dilakukan.

2. Pesan Pada Jauh-Jauh Hari

Jika kamu ingin memesan tiket pesawat atau booking kamar hotel, maka pesanlah dari jauh-jauh hari. Sebab, kamu bisa menemukan berbagai penawaran harga yang jauh lebih murah dibanding jika kamu memesan satu hari sebelumnya. Selain itu, memesan dari jauh-jauh hari juga bisa memastikan agar kamu tidak kehabisan tiket transportasi atau kamar hotel.

3. Hubungi Kenalan

Jika kamu memiliki seorang kenalan di kota tujuan kamu, jangan ragu untuk menghubunginya. Siapa tahu kamu justru bisa dapat tempat tinggal serta makan gratis yang bakal meminimkan pengeluaran kamu selama berlibur. Selain itu, dengan adanya kenalan, kamu juga akan lebih mudah mencari informasi berbagai tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

4. Gunakan Kendaraan Pribadi

Kalau kamu ingin berlibur bersama teman-teman, tidak ada salahnya untuk menggunakan kendaraan pribadi. Selain dapat memangkas budget, kamu juga bisa melakukan iuran bersama teman-teman kamu untuk pengeluaran tambahan lainnya, seperti misalnya bensin dan makanan. Selain itu, bepergian bersama teman juga akan membuat liburan jadi lebih seru dan ramai.

5. Akumulasikan Harga

Yang paling penting jika kamu ingin bepergian jauh adalah mengakumulasikan harga, baik itu harga makanan, transportasi lokal, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari patokan harganya dari internet atau atau teman-temanmu yang pernah ke sana. Buat sebuah list apa saja pengeluaran yang kamu butuhkan selama liburan untuk memastikan berapa budget yang harus kamu miliki.

6. Menjajal Street Food

Liburan tanpa makanan lezat pastinya bakal terasa kurang afdol. Nah, untuk mencari makanan enak namun murah, kamu tidak perlu mengunjungi restoran-restoran mahal. Karena setiap tempat wisata biasanya selalu menyajikan berbagai street food dengan harga terjangkau dan juga rasa yang tidak kalah lezat dari makanan-makanan restoran.

7. Bawa Bekal Sendiri

Kamu juga bisa kok membawa bekal sendiri untuk meminimalisir pengeluaran kamu selama perjalanan menuju tempat liburanmu. Hindari membeli makanan yang dijual di area stasiun atau bandara, sebab harganya biasanya selalu jauh lebih mahal namun belum tentu enak. Membawa bekal makanan sendiri  tentu saja sudah terjamin murah serta kelezatannya.

Tips Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik


Melancongyuk - Kereta api masih menjadi transportasi primadona dan paling diminati masyarakat, khususnya untuk mudik. Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan PT Kereta Api Indonesia, tiket mudik Lebaran sudah bisa dipesan mulai 7 Maret 2018 untuk keberangkatan H-10 (5 Juni 2018).

Agar perjalanan mudik berjalan lancar dan menyenangkan, pastikan Anda memasan tiket kereta api dengan tepat. Berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews, online travel agent (OTA) Pegipegi menyarankan untuk terlebih dahulu menentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan mudik. Lalu, cek waktu penjualan tiket tersebut dibuka.

Siapkan koneksi internet yang mumpuni untuk membeli tiket tengah malam karena jadwal kereta di up date pada pukul 00:01. Pastikan juga membeli tiket kereta di OTA karena tahun ini PT Kereta Api Indonesia tidak membuka vending machine tengah malam. Selanjutnya, siapkan metode pembayaran yang kategorinya pembayaran cepat seperti kartu kredit atau internet banking.

Deputy CEO Pegipegi Ryan Kartawidjaja memprediksi berdasarkan data booking kereta lebaran tahun lalu, periode mudik terfavorit tahun ini akan jatuh pada keberangkatan H-3 hingga H-1 (13-14 Juni 2018) yang bertepatan dengan jadwal cuti bersama dan H-7 lebaran (8 Juni 2018) yang merupakan minggu terakhir sebelum cuti bersama.

“Untuk semakin memudahkan masyarakat melakukan pemesanan tiket kereta api lebaran, Pegipegi menyediakan fitur daftar penumpang. Fitur ini dapat digunakan pada halaman profil di aplikasi Pegipegi. Customer harus mengisi identitas penumpang terlebih dahulu, maka sewaktu-waktu melakukan pemesanan tiket, masyarakat hanya perlu memilih data penumpang yang sudah tersimpan dan identitas sudah otomatis terisi,” kata Ryan. 

“Karena kereta api merupakan salah satu sarana transportasi mudik yang paling diminati, biasanya akan banyak yang berebut untuk mendapatkan tiketnya. Jika kehabisan tiket kereta api pada menit saat tiket dibuka, kami menyarankan untuk cek tiket kembali di 1 jam berikutnya (01.00-02:00)," tambah dia.

Cara Sederhana Membuat Liburan Lebih Berharga


Melancongyuk - Liburan pasti dong jadi agenda number wahid bagi kita yang sibuk dengan sekolah atau kerja. Gimana tidak, liburan itu tempat buat kita refreshing setelah sekian banyak merasakan kesibukan yang bikin dongkol. Ada banyak cara yang berbeda dilakukan orang saat liburan datang.

Bisa sekedar kumpul-kumpul bareng dan menyapa keluarga. Jalan-jalan ke tempat rekreasi atau hingga jauh ke luar negeri. Atau ada juga yang tidur tersungkur berpetualang jauh ke alam mimpi (Ini pengalaman). Semua tergantung orang dan keadaannya masing masing.

Dan gak semua orang bisa menikmati liburan dengan kegiatan yang seru. Bisa karena kanker alias kantong kering atau sekedar diserang malas. Dan kebanyakan lari ke tidur lagi tidur lagi. Contohnya saya sendiri, dulu ketika masih kelas 1 atau 2 SMP, saat itu liburan datang dan kantong saya kosong melompong. Liburan bukannya jadi kegiatan menyenangkan malahan jadi boomerang. Coba bayangkan, setiap hari diisi kegiatan yang gak ada manfaatnya sama sekali dan berputar setiap hari. Bangun subuh, tidur lagi, bangun lagi agak siang, makan, nonton TV, main HP, main game seharian.

Oh my god! It’s really big trouble!


Dan yakin pasti banyak orang yang bernasib sama melakukan hal yang sama bodohnya dengan yang di atas. Bukti nyatannya, ada sebagian teman yang masih ada di dalam lingkaran yang sama. Ada karena kasus yang sama kantong kering. Atau karena mager alias males gerak dan hal yang beribu-ribu kali lebih bahaya dari kantong kering.

Tapi itu saya dulu. Sebelum saya sadar betapa berhargannya liburan dan betapa banyaknya hal bermanfaat yang bisa dilakukan saat liburan. Dan sekarang saya punya kegiatan yang lebih yahud, yang jauh lebih baik daripada rekreasi, jalan-jalan apalagi tidur atau main game. Dan ini bisa lebih nge-refresh kita pas nanti balik ke sekolah terutama.

By the way, bener gak sih kegiatan orang pas liburan itu bener – bener bikin kita lebih segar dan ngelepasin dari kepusingan kita, atau malah bikin pusing? Ada sebagian orang yang mungkin salah kaprah berfikir bahwa liburan itu cuma buat jalan-jalan ke tempat yang jauh. Padahal gak selamanya jalan-jalan itu bisa bikin fresh.

Ada kalanya jalan-jalan malah jadi nambah fikiran. Ketika salah hitung budget dan kita malah tekor pas liburan selesai atau salah pilih waktu dan kita malah menghabiskan waktu liburan di kemacetan, atau terlalu memaksa buat rekreasi padahal keadaan lagi banyak masalah dan pas liburan selesai masalah jadi ngegunung. Liburan bukan malah jadi anugerah, malah ini jadi musibah yang bikin pusing berkali-kali.

Balik lagi ke topik utama saya punya kegiatan yang sederhana dan beda, yang mungkin boleh dicoba. Dengan menghabiskan waktu liburan untuk membaca di rumah dan perpustakaan kota. Beberapa orang mungkin menganggap ini aneh atau gila.

“Kok liburan malah belajar? Apa malah jadi nambah pusing?”

Jawabannya iya emang bikin pusing. Tapi cuma awalnya. Semakin lama manfaatnya makin terasa dan alasannya sederhana “Ini bisa bikin otak kita masih bisa berputar”.

Coba deh lihat kebanyakan orang atau diri kita sendiri mungkin liburan ini kita habiskan dengan banyak keseruan, tapi apa yang terjadi ketika kita balik lagi kepada kesibukan sekolah atau kerja? Hari pertama menjadi hari terburuk yang pernah ada. Kita bakalan merasakan mager alias males gerak. Kenapa? Karena tubuh kita biasa menerima kesenangan-kesenangan. Dan tiba-tiba kita di serang oleh kebalikannya. Akhirnya kita merespon dengan kemalasan.

Ini juga saya rasakan dulu. Pas saya banyak menghabiskan liburan dengan tidur. Pas harus masuk sekolah, rasannya pengen nambah sehari aja liburan. Rasanya bener-bener males masuk sekolah. Dan bener kata pepatah bisa karena biasa. Itu juga yang bakalan terjadi di diri kita, ketika diri kita terbiasa dengan kesenangan dan kemalasan. Kita gak akan bisa merespon dengan baik kesibukan yang bakalan kita hadapi. Tapi sekarang rasannya beda ketika saya mengisi sebagian waktu liburan saya dengan membaca dan menulis. Pas ketika waktu sekolah tiba, rasannya diri ini lebih siap dengan apa yang akan terjadi nanti.

Jadi pilih mana senang awalnya, pusing ujungnnya? Atau senang awalnya senang ujungnya? Kenapa senang awalnnya senang ujungnnya, karena bukan berarti liburan ini harus diisi cuma dengan belajar tanpa kesenangan. Tapi bisa juga kita mendedikasikan sebagian waktu luang kita saat liburan hanya sekedar untuk membuat otak kita lebih berputar.

Pernahkan kamu mendengar ayat ini ?:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal iaamat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui,”
Q.S.Al-Baqarah:216

Belajar memang sesuatu yang sangat tidak di sukai banyak orang, karena inilah itulah. Belajar memang sangat tidak menyenangkan. Tapi seorang yang berfikir rasional tidak akan memikirkan apa yang dirasakannya saat ini tapi apa yang akan ia dapatkan di masa depan.

Memang belajar di waktu liburan bagi sebagian besar orang terasa sangat tidak wajar atau mungkin dianggap kegilaan, tapi bagi seorang yang berfikir rasional belajar di waktu liburan menjadi sangat berharga seperti yang sudah disebutkan. Walau hanya 30 menit setiap harinnya, itu cukup sekedar membuat otak berputar dan membuat kita lebih siap dengan kesibukan. Daripada dengan hanya mengisinya dengan kesenangan tapi kita lupa untuk mempersiapkan apa yang akan datang.

7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Agar Bisa Rasakan 'Traveling' Ala Keluarga Kerajaan Inggris


Pernahkah traveler bermimpi ingin hidup bak keluarga raja?

Selalu dikawal di mana pun itu, mengenakan pakaian yang bagus dengan berbagai fasilitas.

Pasti adalah impian semua orang.

Nah, buat kamu yang menginginkan kehidupan bak raja ternyata bisa lho.

Satunya kamu bisa mencoba gaya liburan ala keluarga kerajaan.

Apalagi seiring munculnya media sosial, banyak orang berlomba-lomba melakukan perjalanan dan mengunggah foto mereka ke media sosial.

Nah, bagi kamu yang juga ingin menikamti traveling ala keluarga kerajaan Inggris, inilah beberapa hal yang harus miliki.

1. Anggaran dana yang cukup besar.

Menurut majalah Hello, anggaran perjalanan kerajaan ini adalah 5,8 juta dolar pada tahun 2017 atau berkisar Rp 78 miliar rupiah.

2. Berharaplah tempat tujuan untuk traveling bersedia membayar pengeluaranmu.

Negara-negara yang dikunjungi keluarga kerajaaan Inggris sering membayar sebagian biaya perjalanan.

3. Menggunakan jet pribadi.

Memang terkadang keluarga kerajaan Inggris menggunakan penerbangan komersial khususnya maskapai British Airways.

4. Bepergian dengan banyak staf dan rombongan keamanan.

Para bangsawan tidak pernah bepergian tanpa regu profesional terlatih mereka, terkadang mereka membawa lebih dari 12 petugas keamanan terlatih sepanjang perjalanan.

5. Menginap di tempat yang megah.


Menurut Fodor's Travel, Pangeran William dan Kate Middleton menunjungi Seychelles (sebuah republik kecil di Samudera Hindia), dan tinggal di vila seharga 7.995 dolar AS atau berkisar Rp 100 juta per malam untuk bulan madu mereka.

6. Tempat liburan favorit Kate adalah Mustique, sebuah pulau pribadi kecil di perairan Hindia Barat, di mana dia menyewa rumah pribadi dan menghabiskan biaya lebih dari 30.000 dolar AS sepekan atau sekitar Rp 404 juta.

7. Bergaul dengan orang-orang papan atas.

Keluarga bangsawan sudah pasti sering menghabiskan dengan orang-orang papan atas.

Jika meghan Markle memang seorang bintang Hollywood sebelum menjadi tunangan Pangeran Harry, maka Kate juga pernah berkecimpung di dunia hiburan.

Jika kamu memang memiliki banyak uang, mungkin kamu bisa mencoba traveling ala keluarga bangsawan ini.

Tips Liburan Akhir Tahun dengan Budget 1,5 Jutaan


Akhir tahun tinggal sebentar lagi. Selain rehat dari rutinitas, momen ini adalah saat yang tepat untuk menghabiskan waktu  bersama keluarga dan sahabat terdekat dengan mengagendakan kegiatan jalan-jalan.

Namun, seringkali rencana liburan kita terhambat karena masalah biaya. Banyak yang beranggapan kalau di akhir tahun, biaya perjalanan melonjak naik mengingat permintaan yang tinggi. Belum lagi banyak godaan belanja  yang membuat pengeluaran semakin banyak. Tapi bukan berarti kamu gak bisa liburan sama sekali, lho. Dengan tips-tips berikut, kamu sudah bisa memiliki liburan bersama orang-orang tersayang dengan budget yang tak melebihi 1,5 juta.

1. Tentukan tujuan dan lama liburan

Menentukan destinasi liburan adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan. Dengan budget 1,5 juta, kamu bisa mencari tempat wisata menarik yang jaraknya dekat dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Misalnya, kamu bisa sewa mobil yang kira-kira seharinya sekitar Rp300-500 ribuan. Atau jika jaraknya agak jauh, kamu bisa menggunakan kereta api yang harga tiketnya berkisar antara Rp100-300 ribuan sekali jalan.

Setelah menentukan mau ke mana dan naik apa, kamu juga perlu memikirkan berapa lama kamu menetap di sana agar kamu bisa merencanakan kegiatan yang akan kamu lakukan. Siapa tahu kamu menemukan destinasi menarik tanpa harus membayar tiket masuk.

2. Makin ramai makin asik

Jalan-jalan sendirian memang menyenangkan. Namun untuk menghemat budget, tak ada salahnya lho jika kamu liburan bareng yang lain. Misalnya nih, kamu berencana untuk menyewa mobil seharga Rp500 ribu. Jika kamu pergi berlima, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp100 ribu saja. Lebih hemat kan jadinya? Selain bisa menjadi teman untuk berbagi biaya, liburan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat pastinya akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

3. Rencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari

Agar terhindar dari pengeluaran tak terduga menjelang liburan nanti, coba deh sebisa mungkin rencanakan perjalananmu dari jauh-jauh hari. Mengingat semakin dekat dengan hari H mencari tiket perjalanan akan semakin susah dan mahal,untuk urusan transportasi, sebaiknya kamu pesan tiket sedini mungkin agar peluang untuk mendapatkan harga terbaik semakin besar.

Jika kamu berencana jalan-jalan akhir tahun menggunakan kereta, tiket untuk trip di bulan Desember kini sudah bisa kamu pesan, lho, di Traveloka kereta api. Tak hanya menawarkan harga terbaik, Traveloka juga memberikan kemudahan dalam melakukan pencarian tiket, pemesanan, hingga pembayaran dengan berbagai metode pembayaran. Kamu cuma perlu mengakses situs atau aplikasi Traveloka di HP, dan langsung bisa memilih destinasi maupun tanggal yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ketika akhir tahun tiba nanti, kamu jadi enggak perlu khawatir kehabisan tiket, deh! 

4. Cari penginapan dengan harga murah

Guys, sebagian besar budget liburan umumnya terkuras habis untuk biaya transportasi dan penginapan. Oleh karena itu, jika kamu bisa dapat penginapan yang murah, kamu akan menghemat biaya banget, terutama pada musim liburan.

Membantu banget sebenernya kalau kamu punya kenalan yang bisa menyediakan tempat menginap. Tapi kalau tak punya, kamu bisa cari penginapan dengan harga murah seperti homestay atau hostel yang berkisar antara Rp150-400 ribuan per malamnya. Jangan malas untuk browsing dan bertanya rekomendasi penginapan bagus dan murah ke temen-temen kamu. Siapa tahu bisa kamu dapatkan dengan harga murah sekaligus fasilitas yang memadai.

5. Tetapkan budget awal untuk membeli oleh-oleh

Terkadang, membeli oleh-oleh bisa jadi biaya tak terduga yang membuat pengeluaran kita jadi membengkak. Maka dari itu, sebaiknya kamu menentukan berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh. Ada baiknya kamu lakukan riset lebih awal untuk mencari tahu apa cendera mata khas di destinasi yang hendak kamu tuju beserta harganya. 

Terus, jika ada orang yang “nitip” untuk dicarikan barang, lebih baik minta uangnya di awal sehingga kamu gak nombok! Dengan begitu, pengeluaran kamu saat liburan jadi lebih teratur dan gak membengkak.

Pada dasarnya, kamu tidak harus selalu mengeluarkan banyak biaya ketika liburan di high season seperti akhir tahun. Walau bujet terbatas, semoga dengan tips di atas bisa tetap liburan asyik bareng orang-orang terdekat kamu ya!

Idntimes
Destinasi Wisata Hemat Bulan Ini, Menurut Skyscanner

Destinasi Wisata Hemat Bulan Ini, Menurut Skyscanner



Mesin pencarian travel global Skyscanner baru saja merilis fitur kalender baru yang memungkinkan pengguna menemukan destinasi wisata paling tepat untuk saat tertentu, contohnya untuk bulan Agustus ini.

Berdasarkan kalender ini, Hari Kemerdekaan Indonesia yang sebentar lagi akan tiba (17 Agustus 2017) memiliki potensi besar untuk menjadi kesempatan berlibur yang sempurna ke Bangkok.

Alasannya, pengguna bisa menghemat hingga 23 persen biaya tiket pesawat bila dibandingkan dengan harga perjalanan normal. Kalender ini menganjurkan untuk mengambil dua hari dari jatah cuti tahunan Anda untuk menikmati ibu kota Thailand dari 16 Agustus hingga 20 Agustus.

Di sisi lain, untuk akhir Agustus, Holiday Calendar memprediksi Tokyo sebagai destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi dengan kemungkinan penghematan hingga 26 persen melalui perjalanan udara untuk wisatawan Indonesia.

Para wisatawan Indonesia dapat mengambil cuti pada tanggal 30 dan 31 Agustus untuk mendapatkan liburan sepanjang lima hari di kota metropolitan besar Jepang, kata Skyscanner dalam siaran persnya, Senin (14/8).

Penawaran terbaik pada tahun ini bisa didapatkan bagi mereka yang ingin berwisata ke Hanoi, Vietnam. Dengan hanya mengambil dua hari cuti dari jatah tahunan mereka, para wisatawan dapat menghemat harga tiket pesawat hingga 49 persen bila mereka melakukan pemesanan lebih awal untuk periode 9-13 Mei 2018.

“Kami selalu berupaya mencari cara untuk membantu pengguna kami mendapatkan tawaran perjalanan wisata terbaik. Sehubungan dengan hal tersebut, kalender ini didasarkan pada data historis Skyscanner dan merupakan salah satu penawaran unik dari kami,” kata Yulianto Balawan, senior marketing manajer Skyscanner.

4 Resort Ramah Muslim yang Menakjubkan di Bintan

Hal utama yang harus dipikirkan saat merencanakan liburan adalah memilih akomodasi yang nyaman sehingga kamu bisa bersantai layaknya berada di rumah. Selain nyaman, bagi kamu yang muslim, tentu akan lebih senang jika hotel atau akomodasi yang dipilih menyediakan fasilitas sholat.

Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke Bintan dan mencari hotel yang nyaman sekaligus ramah muslim seperti itu, berikut Dream Travel berikan rekomendasinya.

1. Angsana Bintan


Beristirahat sejenak dari kehidupan kota yang sibuk, beberapa malam di Angsana Bintan pasti akan memberikan kedamaian dan ketenangan yang kamu butuhkan. Angsana Bintan adalah tempat yang ideal bagi kaum urban yang mencari tempat peristirahatan yang tenang. Pecinta olahraga akan terpesona dengan lapangan golf 18 hole dan lapangan tenis yang tersedia di Laguna Golf Bintan. Habiskan hari yang indah di Angsana Spa untuk meremajakan inderamu. Ini adalah salah satu resor terbaik di Bintan untuk menginap jika kamu bepergian dengan keluarga.

bintan

2. Nirwana Gardens


Salah satu resor unggulan Pulau Bintan adalah Nirwana Gardens yang baru saja direnovasi. Membentang di area yang luas, kamu akan dimanjakan dengan 5vpilihan akomodasi yang tersedia di resor ini. Ada NIrwana Resort Hotel dengan lebih dari 245 kamar, 50 vila beratap jerami yang disusun dalam 4 kelompok di Mayang Sari Beach Resort.

Manjakan diri di vila dua dan empat kamar tidur yang dilengkapi dengan perabotan mewah. Dinamakan Vila Banyu Biru, pilihan aomodasi ini cocok untuk kumpul-kumpul keluarga atau pertemuan. Terakhir ada Indra Maya Pool Villa yang menawarkan properti mewah dengan pemandangan menghadap langsung ke Laut Cina Selatan dan dilengkapi pula dengan kolam renang pribadi serta berbagai aktivitas pantai yang seru seperti parasailing dan scuba diving.

3. Holiday Villa Pantai Indah


Jika kamu mencari pengalaman vila eksklusif dengan akses mudah ke pantai, Holiday Villa Pantai Indah adalah tempat yang tepat. Villa ini populer di kalangan pasangan serta keluarga karena kamar besar dan privasi yang ditawarkannya. Pantai-pantai menghadap ke sekelompok pulau kecil dimana ada banyak kehidupan laut eksotis, menjadikannya tempat yang ideal untuk menyelam dan snorkelling. Tersedia 40 villa dengan perabotan lengkap. Masing-masing juga dilengkapi dengan kolam renang pribadi, sangat cocok untuk muslimah yang lebih memilih bersantai dalam privasi.

Jika kamu ingin menjelajah ke luar resor, kamu dapat memesan layanan antar jemput ke Plaza Lagoi untuk berbelanja. Dilanjutkan dengan makan malam di restoran halal, Warung Yeah. Nikmati jalan-jalan sore ke destinasi terbaru di Lagoi Bay, yakni Lagoi Bay Lantern Park, yang menampilkan spesies langka Indonesia.

4. The Canopi


Pernah ingin mencoba glamping tapi tidak pernah sempat melakukannya? Canopi akan membuat impianmu jadi kenyataan! Manjakan diri dengan menghabiskan malam di dekat alam, " bergandengan" dengan kemewahan dan kemudahan yang ditawarkan oleh fasilitas-fasilitas modern. Dari AC ke workstation bergaya kolonial dan 4 tempat tidur poster mewah. Jelajahi alam di sekitar kamu, atau habiskan waktu bersantai di spa. Kamu juga tak perlu khawatir tentang dimana kamu harus sholat, karena resor ini menyediakan tempat khusus untuk beribadah.

Sumber: halaltrip

Strategi Traveling dengan Budget Minim


Berwisata dengan budget minim mulai digemari sejak beberapa tahun terakhir. Traveling ala backpacker bannyak dipilih anak muda masa kini untuk menjelajah tempat wisata baru.

Ketua Asosiasi Pariwisata Indonesia atau (Asita) DIY Udhi Sudiyanto mengakui tren wisata murah ala backpacker banyak dilakoni anak muda saat mengunjungi Yogyakarta. Tren wisata ala backpacker ngetren sejak buku Naked Traveler booming di pasaran.
Baca juga

"Mereka memilih untuk menginap di hotel bintang 1 atau tanpa bintang serta menaiki transportasi umum demi menekan budget," ujar Udhi pada Metrotvnews.com di Yogyakarta, Kamis 6 Juli 2017.

Traveler ala backpacker dari Yogyakarta Suteja membocorkan tips bagaimana strategi berpergian dengan budget yang tak bikin kantong jebol.

Tips pertama adalah dengan merencanakan perjalanan sejak jauh hari. Perencanaan ini penting untuk bisa memburu tiket pesawat dan penginapan yang murah serta mendapatkan promo potongan harga lainnya. Pria yang sudah mengunjungi beberapa negara di dunia dengan budget minim ini biasa merencanakan liburan minimal enam bulan sebelumnya.

Tips kedua adalah menekan budget transportasi. Menurut Teja, traveller harus jeli mencari dan memilih tiket pesawat semurah mungkin.

"Komponen terbesar dari anggaran saat liburan ada di tiket pesawat. Strateginya saya mencari tiket di malam hari karena banyak promo pesawat keluar pada malam hari," tutur Teja dalam Seminar Travelig and Bussines di Malioboro Mall Yogyakarta

Dirinya mengaku pernah pergi Umroh ke tanah suci dengan biaya hanya Rp8,5 juta karena mendapatkan tiket pesawat promo.

Tips ketiga adalah dengan mencari hotel dengan budget rendah namun berkualitas. Sudah banyak situs dan aplikasi yang bisa memberikan informasi hotel-hotel murah berkualitas di dekat tempat wisata.

Namun ia menyarankan kepada traveler untuk melihat review dari para pengguna hotel tersebut."Jangan sampai harganya murah tapi kenyamanan terganggu karena tidak berkualitas review dari pengguna hotel sangat penting sebagai bahan pertimbangan kita," kata pemilik Teja Travel ini.
Tips terakhir adalah dengan merencanakan destinasi wisata serta transportasi publik menuju lokasi wisata tersebut. Teja mengatakan ada banyak tempat wisata yang menggratiskan pengunjung untuk bisa menikmati keindahannya.

Dengan perencanaan matang dan didukung dengan kejelian mencari potongan harga, pria yang sudah 3 tahun mengelola usaha travel ini yakin setiap orang bisa berpergian tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Tips Liburan Ke Sydney Untuk Pemula!

“Bagaimana Akses/Transportasi di Sydney?”
“Menginap di mana nanti ketika di Sydney?”

Atau….

“Bagimana ya biar traveling ke Sydney bisa hemat dan murah?”


Biasanya pertanyaan-pertanyaan itu muncul untuk yang pertama kali datang untuk liburan ke Sydney. Saya pun juga begitu, ketika Work And Holiday visa saya disetujui tahun lalu, dikepala saya muncul banyak pertanyaan yang harus saya cari tahu jawabannya. Tentunya, saya langsung cari jawabannya dengan bantuan google seperti biasa.

Soalnya yang saya tahu, pantai-pantai bersih dan cantik yang bertebaran di Sydney lah yang membuat saya memutuskan untuk menghabiskan waktu di Sydney selama musim panas di Australia. Iya, lokasinya yang berada di ujung timur benua Australia, membuat Sydney mempunyai banyak pantai yang fotogenik dan juga menyenangkan untuk di kunjungi berkali kali.

Sekarang, saya sudah hampir setahun berada di Sydney. Jadi ceritanya bisa dibilang sudah bukan pemula lagi nih. Karena itu saya mau coba berbagi pengalaman saya untuk kalian yang ingin liburan ke Sydney. Entah kalian mau ke Sydney dengan jangka waktu yang singkat, atau dalam waktu lama seperti saya dengan Work And Holiday Visa.
Baca ya, tips liburan ke Sydney untuk pemula ini! Biar gampang, saya bagi menjadi dua bagian. Tips liburan ke Sydney sebelum berangkat, dan setelah sampai di Sydney nanti.

Sebelum Rerangkat Ke Sydney

1. Rencanakan Liburanmu Dengan Matang

Entah mau liburan ke Sydney sebentar atau lama, pastikan rencakan dengan matang. Minimal buat cek list, persiapan apa saja sebelum keberangkatan seperti persiapan apply visa turis Australia. Riset Objek Wisata yang ingin dikunjungi selama di Sydney, hingga berburu tiket promo ke Australia.

Kalau kalian nggak punya waktu buat merencanakan sendiri liburan ke Sydney, cara paling gampang sih pake travel agent. Yah, meski mungkin kalian perlu menambah sedikit budget. Tapi kalau pake travel agent, biasanya kenyamanan lebih terjamin. Karena nggak perlu bingung mikirin ini itu.

Yang saya tahu sih, salah satunya H.I.S. yang merupakan salah satu travel agent perjalanan penyedia paket tour ke Australia. Harganya lumayan kompetitif jika dibanding dengan travel agent yang lain. Dan kalau nggak salah H.I.S. juga punya beberapa tur opsional untuk menjelajah Sydney dengan lebih hemat namun tetap nyaman.

2. Berburu Tiket Promo Pesawat Ke Sydney Jauh-Jauh Hari

Urusan berburu tiket promo, saya selalu mempersiapkan jauh-jauh hari. Bahkan seringnya saya sudah mulai berburu tiket promo hingga sembilan bulan sebelum keberangkatan. Saya rajin menggunakan beberapa aplikasi pencari tiket pesawat, hingga rajin membuka tiap website maskapai demi tiket pesawat yang murah.
Hasilnya, kemarin saya mendapatkan tiket pesawat dari Denpasar ke Sydney hanya dengan harga IDR 1,5 juta saja. Kalau normalnya, tiket ekonomi dari Indonesia ke Autralia itu berada di harga 4 juta – 6 jutaan. Jadi pastiin rajin liat harga di Internet. Karena harga tiket pesawat promo bisa muncul kapan saja.
Biasanya tahun baru jatuh ketika awal musim panas, moment yang pas untuk berlibur ke Sydney untuk menikmati indahnya kembang api tahun baru!

Biasanya tahun baru jatuh ketika awal musim panas, moment yang pas untuk berlibur ke Sydney untuk menikmati indahnya kembang api tahun baru!

3. Siapkan Dokumen Untuk Apply Visa Turis Ke Australia

Setiap pemegang passport indonesia wajib apply visa terlebih dahulu untuk masuk ke Australia. Kalau nggak mau repot, kalian bisa Apply visa turis australia lewat travel agent. Pun begitu, sebenarnya sih kalau mau baca detail, apply visa Australia sendiri itu nggak susah-susah amat. Ya, cuma perlu korban waktu buat urus sendiri sih. Kalau mau apply visa turis Australia sendiri, bisa baca di website resmi kedutaan Australia disini.

4. Jangan Sampai Salah Pilih Musim Ketika Berkunjung Ke Sydney

Musim! Ini perlu banget diperhatikan ketika kalian liburan ke negara yang memiliki 4 musim. Australia, terutama Sydney punya 4 musim yang berbeda. Yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Sydney sendiri cukup menyenangkan untuk dikunjungi pada tiga musim, musom panas, gugur dan semi.

Saya nggak merekomendasikan datang ke Sydney pada Musim dingin, kecuali kalian emang sengaja ingin melihat Vivid Sydney. Kalau kata salah seorang kawan, “Winter in sydney will be very cold and wet”. Saya mengamini dan pernah mengalaminya.

Musim Panas di Sydney adalah waktu terbaik untuk menikmati kota metropolitan Australia ini. Liburan ke Sydney menjelang pergantian tahun merupakan awal dari musim panas sangat saya rekomendasikan. Sudah tahu kan kalau pesta malam pergantian tahun di Sydney itu cantik luar biasa. Terutama sih pertunjukan kembang api di Sydney Opera House dan Harbour Bridge.
Sesampainya Di Sydney

1. Kunjungi Tempat Wisata Yang Gratis

Menikmati senja tiba dengan latar Harbour Bridge bisa menjadi aktifitas pilihan ketika liburan ke Sydney

Menikmati senja tiba dengan latar Harbour Bridge bisa menjadi aktifitas pilihan ketika liburan ke Sydney

Bisa jadi liburan ke Sydney dengan tour adalah opsi yang ekonomis dan efisien. Mengingat Sydney adalah salah satu kota dengan biaya hidup yang mahal di Australia. Pun begitu, Sydney juga punya banyak tempat wisata gratis yang sudah pernah saya tuliskan disini.

Jadi, jika ingin berlibur ke Sydney yang mahal namun tetap hemat dan stay on budget, pastikan banyak mengunjungi tempat wisata gratis. Atau, jika takut overbudget, menggunakan tour untuk keliling Sydney adalah salah satu pilihan yang bijak.

2. Memilih Moda Transportasi Yang Tepat Untuk Keliling Sydney


Sydney ini kota modern, dengan moda transportasinya yang lengkap. Ada bus, kereta hingga light rail yang siap mengantarkan ke setiap penjuru Sydney dan sekitarnya. Kalau masih kurang, kalian bisa berjalan kaki, terutama untuk menjelajah sekitar Sydney Central Business District.

O iya, untuk mempermudah memilih juga mengetahui jadwal transportasi di Sydney, saya biasa menggunakan applikasi TripView Lite yang tersedia di IOS dan Android. Selain dengan google maps. Aplikasi tersebut sangat memudahkan saya untuk berkeliling sydney tanpa takut nyasar.

3. Cobalah Berkeliling Sydney CBD Dengan Berjalan Kaki

Meskipun area Sydney itu cukup luas, tetapi untuk area Sydney CBD itu bisa dibilang nggak terlalu besar. Percaya atau enggak, bahkan, Jakarta jauh lebih besar dari Sydney loh! Kalau lagi pengen refreshing sambil olah raga, saya biasa jalan kaki dari Circular Quay hingga Darling Harbour. Atau sekedar jalan-jalan keliling Sydney CBD yang nggak terlalu besar itu juga seru sih!

4. Menginap Di Hostel, Shared House Atau Shared Apartement

Ada beberapa pilihan untuk akomodasi selama liburan di Sydney. Yang paling umum adalah menginap di hostel yang dengan mudah ditemukan di Sydney CBD. Namun, untuk yang ingin sedikit privasi dengan harga yang nggak terlalu mahal, akomodasi berupa Shared House atau Shared Apartemen bisa menjadi pilihan.

Shared House atau Shared Apartemen ini adalah hal yang umum di Australia, dimana dalam satu rumah atau apartemen disewakan satu kamar dengan harga sewa yang jauh lebih murah dari kamar hotel. Biasanya harga sewa untuk satu kamar sendiri mulai dari AUD 200-350 per minggu. Saya biasa mencari informasi tentang jenis akomodasi ini di gumtree.com.au atau flatmates.com.au.

5. Kadang Keliling Sydney Dengan Paket Tour Bisa Lebih Efisien

Pantai yang bersih dan indah adalah salah satu daya tarik wisata di Sydney, dan kalian bisa menikmatinya tanpa perlu capek!

Pantai yang bersih dan indah adalah salah satu daya tarik wisata di Sydney, dan kalian bisa menikmatinya tanpa perlu capek!

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, untuk yang punya banyak waktu bisa merencanakan liburannya sendiri dengan perlahan. Nah, kalau ternyata nggak punya banyak waktu merencanakan liburan ke Sydney gimana? Sudah pasti, menggunakan tour adalah pilihan yang bijak. Kalau kata pepatah, time is money, jadi harus bijak memanfaatkannya.

Jadi kalau kalian mengginakan travel agent seperti H.I.S. kalian nggak perlu ribet, kecuali tinggal berangkat liburan saja. Nggak perlu harus memikirkan masalah tiket pesawat, hotel, biaya transportasi selama di sana, visa, juga beberapa hal lainnya. Fokus pada bersenang-senang saja selama liburan di Sydney! Iya nggak?

6. Selalu Bawa Botol Minuman Sendiri

Entah menggunakan tour, atau jalan sendiri tips yang satu ini wajib banget di ingat! Bawa botol minuman sendiri untuk bisa diisi dari water fountain atau tap water yang ada di beberapa taman umum di Sydney. Tap water di Sydney ini bisa diminum langsung dengan aman kok.

Biasanya akan ada informasi yang menjelaskan kalau air keran bisa diminum atau tidak. Cara ini lumayan bisa bikin berhemat, soalnya harga air mineral dan softdrink di sydney per botolnya itu mulai dari AUD 2-4. Anggap saja sehari minum hingga 3 botol, berarti dalam sehari bisa berhemat sampai AUD 12 kan?

7. Sempatkan Mencoba Berbagai Macam Kuliner Internasional Di Sydney

Nggak seperti di Indonesia, Australia mungkin nggak punya banyak makanan khas. Daging kanguru atau daging sapi Australia mungkin adalah beberapa makanan khas Australia yang bisa di coba. Namun, karena ada banyak sekali imigran yang datang dan menetap di Sydney, saya jadi bisa mencoba berbagai macam makanan khas dari berbagai penjuru dunia.

Masakan Thailand, Nepal, Turki, Spanyol dan dari berbagai negara lain di seluruh dunia bisa ditemukan dengan mudah di Sydney. Gak perlu lagi keliling dunia kalau ingin mencoba berbagai masakah khas tiap negara. Cukup berburu kuliner saja di Sydney, sudah cukup!
Kalau kalian tega, bisa coba makan daging kanguru yang imut ini! Saya? Belom berani sampai sekarang, enggak tega euy~

Kalau kalian tega, bisa coba makan daging kanguru yang imut ini! Saya? Belom berani sampai sekarang, enggak tega euy~

***

Gimana? Sudah pengen liburan ke Sydney belum? Apalagi musim panas di Australia itu lumayan keceh! O iya, kalau kalian pengen liburan kesana, tapi nggak punya waktu buat ngurus sendiri ini-itunya, kalian bisa pake travel agent H.I.S. deh! H.I.S. ini salah satu agen perjalanan penyedia tour ke Australia yang rekomended di Indonesia.

Mereka punya harga tour yang lumayan kompetitif. Mereka gak hanya menyediakan paket group tour dengan destinasi menarik di Australia loh, tetapi untuk kalian yang tetap ingin menghemat budget liburan, bisa memilih berbagai Optional Tour yang mereka sediakan. Jadi entah musim semi, musim panas, musim gugur hingga musim dingin, selalu ada banyak yang bisa dinikmati selama liburan di Sydney! Yuk, segera kemas tas dan segera belibur!

Sumber: capterku